REVIEW APLIKASI BLIBLI
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatu.
Hallo
teman-teman semua, perkenalkan nama saya Nadia Reza Tsuroyya npm [4420210004]
dari jurusan Teknik Industri Universitas Pancasila. Kali ini saya akan mereview
salah satu aplikasi yang berhubungan dengan bisnis yaitu Blibli. Sebelumnya,
saya akan menjelaskan dulu nih tentang sedikit sejarah dari aplikasi Blibli itu
sendiri.
SEJARAH BLIBLI
Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2011. Salah satu nama tokoh dibalik berdirinya blibli yaitu kusumo martono, yang merupakan lulusan S2 Teknik Industri dari Georgia Institute of technology, Amerika Serikat. Awal berdirinya Blibli itu pada saat sebelum memulai karir dan membantu kesuksesan blibli.com, Kusuma Martanto sempat bekerja di Amerika Serikat dan dengan berbekal pengalaman bekerja di luar negeri itulah di tahun 2009 Djarum Group berani meminang Kusuma Martanto untuk membantu mereka menyukseskan blibli.com dibawah naungan PT Global Digital Prima.
Selanjutnya,
saya akan menjelaskan tentang definisi, cara berbelanjanya, serta kekurangan
dan kelebihan dari aplikasi Blibli.
DEFINISI BLILI
Blibli
merupakan perusahaan e-commerce asli Indonesia yang fokus dalam membangun
ekosistem berbelanja pilihan konsumen dan institusi melalui platform
perdagangan omnichannel yang aman untuk setiap gaya hidup yang terpercaya. Blibli
sendiri merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus
pada BB, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer).
Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 100.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik termasuk gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman di Blibli didukung oleh armada BES dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang, dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan Customer Care, kepastian 15 hari pengembalian produk serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.
CARA BERBELANJA DENGAN BLILI
Cara
berbelanja menggunakan aplikasi Blibli ini susah ga sih? tentu engga dong! cara
menggunakannya sangat mudah dan kalian pasti akan cepat mengerti, yuk saya
jelasin. Dibawah ini cara berbelanja dengan Blibli:
1. Pastikan kamu sudah punya akun dan sudah masuk ke akun Blibli kamu. Kamu bisa mulai cari dan pilih produk yang kamu inginkan.
2. Klik “Beli sekarang” untuk langsung melanjutkan ke proses checkout atau klik “Tambah ke Bag” jika kamu masih ingin menambah produk lainnya.
3. Periksa lagi produk yang kamu beli dalam Bag kamu. Kalau kamu sudah selesai belanja, klik tombol “Checkout“.
4.
Isi alamat pengiriman dan pilih jenis pengiriman yang
kamu inginkan, lalu klik “Lanjut“.
5.
Pilih metode pembayaran kemudian klik tombol “Bayar
sekarang“.
6.
Lanjutkan ke proses Pembayaran. Setelah memilih metode
pembayaran Akan ditampilkan ringkasan transaksi, cek nomor virtual account bila
memilih pembayaran dengan transfer bank.
Sama seperti marketplace online lainnya Blibli mempunyai kekurangan dan kelebihan. Berikut merupakan kelebihan dari Blibli yaitu:
KELEBIHANNYA YAITU:
v Gratis ongkir
Blibli menyediakan kupon gratis ongkir ke seluruh
Indonesia kepada para pengguna agar para pembeli merasa puas belanja di Blili,
supaya mereka saat ingin berbelanja tidak lagi terkendala di ongkos.
v Packing aman
Keamanan tambahan di Blibli yaitu saat ada yang
berbelanja barang elektronik, barang tersebut akan dipacking kayu agar barang
elektronik tersebut tidak terjadi masalah saat pengiriman. Dan hal ini juga
tidak menambah jumlah ongkos kirim.
v Ada kupon diskon
dan promo
Dengan adanya diskon dan promo maka hal ini akan menarik
para pembeli yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal. Dan jika berlangganan di program
newsletter Blibli, maka akan diberikan reward sebesar 100 ribu atau 2 buah
kupon belanja.
v Layanan baik
Blibli menyediakan customer service guna untuk menerima
pertanyaan dari para pengguna.
v Pelayanan customer
service
Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan
sabar yang akan membuat si pembeli tidak merasakan kekecewaan. Cutomer service
mudah dicari dan bisa bertanya mengenai masalah yang kita alami langsung
melalui Livechat.
v Harganya kompetitif
Jika dibandingkan dengan online mall dan shop di
Indonesia, blibli menyediakan harga termurah jika sering mengecek stoknya,
karena stok barang akan sering habis.
v Berbagai produk
yang ada di blibli
Blibli menyediakan berbagai produk untuk dijual, mulai
dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan primer, produk elektronik, hingga produk
gaya hidup.
ADAPUN
KEKURANGAN DARI BLIBLI YAITU:
v Pengiriman lumayan
lama
Blibli menggunakan pengiriman metode pick up yang berarti
kurir yang akan mengambil barang dari si penjual. Hal ini membuat pengiriman
menjadi lebih lama.
v Notifikasi dan
pemberitahuan
Blibli hanya akan mengirim pemberitahuan ketika awal
pembelian dan konfirmasinya, dan tidak akan ada notifikasi selanjutnya. Maka
saat membeli barang di blibli harus sering mengecek status barang secara
manual.
v Konfirmasi
pembayaran cukup lama
Metode pembayaran yang digunakan di blibli adalah metode
transfer yang akan memakan waktu sekitar 1 hari, dan jika si pembeli membayar
di hari sabtu dan minggu maka akan memakan waktu lebih lama lagi.
v Sistem pembayaran
manual
Hal ini belum tersedia di Blibli sehingga pihak blibli
harus mempertimbangkan lagi.
Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Blibli. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas perhatiannya.
Saya juga mereview aplikasi Blibli melalui video, kalian bisa menonton videonya dikanal Youtube saya, berikut linknya : https://youtu.be/vW0opefTLIk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar