PT
NUTRIFOOD INDONESIA
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatu.
Hallo
teman-teman semua, Apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya. Kembali lagi
dengan saya Nadia Reza Tsuroyya (4420210004) mahasiswi dari jurusan Teknik
Industri Universitas Pancasila. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas
mengenai salah satu PT yang bergerak di bidang industri produksi makanan dan
minuman yaitu PT Nutrifood Indonesia.
SEJARAH PT NUTRIFOOD INDONESIA
PT
Nutrifood Indonesia (NFI) merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di
industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan
manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan penampilan yang berkualitas
internasional. Didirikan pada tanggal 2 Februari 1979 di Semarang atas prakarsa
Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc, kemudian pada tanggal 2 November 1980
disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2. Pada awalnya kantor pusat
PT Nutrifood Indonesia berlokasi di Jalan Tanah Abang No.31 Jakarta, sedangkan
pabriknya berlokasi di Semarang, hasil produksinya berupa sirup, minuman serbuk
instant dan produk susu.
Pada
bulan Februari 1995, kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berpindah ke Jl.
Rawabali II/No.3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, sedangkan kedua
pabrik yakni Pemanis Indonesia (TSI) dan Sari buah Indonesia (NSI) dipindahkan
ke Jl. Raya Ciawi No.280 A, Ciawi, Bogor sejak bulan April 1980. Perpindahan
lokasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan mempermudah
pelayanan terhadap konsumen.
Saat ini PT Nutrifood Indonesia sebagai sebuah perusahaan swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia adalah perusahaan yang secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama.
VISI DAN MISI PT NUTRIFOOD INDONESIA
Adapun VISI dan MISI dari PT
Nutrifood Indonesia yaitu:
VISI : Helping our customer to achieve a longer
healthy life through our reputable a leading brands.
MISI : Inspiring a
nutritious life.
STRUKTUR ORGANISASI PT NUTRIFOOD INDONESIA
Di
PT Nutrifood Indonesia, dibawah kedudukan CEO terdapat 5 direktorat dan 1
non-direktorat, yang diantaranya adalah Directorate of Marketing, Directorate
of Sales, Directorate of Finance, IT, & Audit, Directorate of HR &
System, Directorate of Plants, and Non-Directorate. Setiap direktorat membawahi
sebuah/beberapa divisi, dan setiap divisi membawahi departemen. Ada 11 divisi
di PT Nutrifood Indonesia, yaitu Divisi Marketing Promotion, Marketing Brand,
Marketing Communication, Sales, Finance, IT, Audit, HR, System, R&D, dan Production.
Berikut adalah struktur organisasi di PT Nutrifood Indonesia:
PRODUK DARI PT NUTRIFOOD INDONESIA
1. Tropicana Slim
Tropicana Slim adalah nama
merek produk dagang asli Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Nutrifood
Indonesia. Produk yang disediakan sangat beragam mulai dari pemanis rendah
kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak.
2. Nutrisari
NutriSari merupakan
salah satu minuman sari buah di Indonesia yang dimiliki oleh PT Nutrifood dan
diluncurkan pada tahun 1979. Produk-produk NutriSari memiliki kandungan nutrisi
vitamin C, serta 6 vitamin dan 2 mineral lainnya.
Hilo (atau HiLo) adalah merek susu yang diproduksi oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Nama Hilo diduga berasal dari kata "High" dari High Calcium dan "Low" dari Low Fat yang muncul pada tulisan kemasan produk pertama HiLo yang dirilis pada tahun 2004.
L-Men Merupakan
salah satu dari produk nutrifood yang diformulasikan untuk membantu pria dalam
membentuk otot dan tubuh yang atletis,serta membantu memberikan asupan energi
dan protein yang tinggi.
WRP Meal
Replacement merupakan Susu pengganti makan untuk menurunkan berat badan dengan
kalori terkontrol (220 kalori/serving), tinggi protein, tinggi kalsium dengan
rasa yang jauh lebih enak serta alami.
Lokalate adalah minuman serbuk kopi dgn campuran perisa buah dan rempah lokal Indonesia yg eksotis. Dibawah panji brand W'DANK yg sudah terkenal dgn minuman serbuk modern tradisional Indonesia produksi PT. Nutrifood Indonesia - Bogor.
AKTIFITAS UTAMA TERKAIT DENGAN VALUE CHAIN DARI PT NUTRIFOOD INDONESIA
PT. Nutrifood Indonesia memiliki 4 aktifitas utama terkait dengan Value Chaindi perusahaannya, aktifitas tersebut meliputi:
1. New Product Development
Sesuai dengan Visi dan Misi dibentuknya PT. Nutrifood Indonesia yang salah satu poinnya adalah memperhatikan kesehatan masyarakat Indonesia, PT Nutrifood Indonesia selalu melakukan survei-survei yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat akan produk-produk kesehatan.
2. Marketing and Sales
Aktifitas yang dilakukan adalah marketing sebagai influence people untuk mempengaruhi konsumen dalam menentukan produk yang akan dibelinya. Menurut PT Nutrifood Indonesia produk nutrisari dalam bentuk serbuk merupakan cara marketing mereka sendiri untuk memasarkan produk mereka, asumsi pihak perusahaan nutrisari dengan bentuk serbuk tetap menjadi ciri khas perusahaan tersendiri sementara produk sejenis dari competitor meluncurkan produk dalam bentuk cair yang dikemas dengan botol ataupun lainnya. Sedangkan aktifitas sales sebagai distribution adalah sebagai distributor penyalur produk ke wilayah.
3. Operations/Logistic
Saat ini PT. Nutrifood Indonesia yang telah memiliki pelanggan yang terdiri dari 933 outlet dan distributor yang tersebar di Indonesia memiliki 2 pabrik yaitu di Ciawi, dan Bekasi serta memiliki 4 pabrik pembantu yang tersebar di Malang, Gresik, Surabaya dan Jakarta. Selain melakukan pengiriman local Indonesia, pihak perusahaan juga melakukan pengiriman produk ke beberapa negara lainnya. Pendistribusian produk di atur oleh bagian logisitik sebagai berikut:
1)
Ekspor
Ekspor ditangani oleh bagian Shipping Department, sedangkan bagian logistic hanya menangani
serah terima produk.
2)
Lokal Indonesia
Pendistribusian barang untuk local langsung ditangani
oleh bagian logisitik. Penggiriman ini ditujukan untuk propinsi-propinsi
seperti DKI Jakarta, Bandung, Banten, Surabaya, Medan, Manado, Makassar,
Balikpapan. Adapun pasar yang dituju adalah sebagai berikut:
a.
Pasar Tradisional
Hal yang dimaksud adalah saluran distribusi yang daya
belinya di bawah grosir.
b.
Pasar Modern
Hal yang dimaksud adalah supermarket regional yang tidak
memiliki chain stock. Pasar modernpun
dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut:
·
Outlet
Merupakan saluran distribusi yang memasok berbagai macam
produk dari berbagai produsen. Biasanya memiliki tempat penyimpanan produk yang
tidak terlalu besar dan memiliki jalur administrasi yang cukup kompleks.
·
Distributor
Saluran distribusi yang hanya memasok produk-produk PT. Nutrifood Indonesia, biasanya memiliki tempat penyimpanan yang luas dan memiliki jalur distribusi yang lebih sederhana.
4. Service
Nutrifood memiliki
2 service yaitu After Sales Servicedan Before Sales Service. CRM (Customer Relationship Management)
diketahui data-data pelanggan apakah sudah membeli barang dalam jangka waktu
beberapa lama. CRA (Customer Relationship
Analysis) menganalisa apa yang konsumen butuhkan. Dari CRA sehingga
menghasilkan CSR, biasanya berupa beasiswa.
Demikian ulasan singkat dari
saya mengenai PT. Nutrifood Indonesia. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk kita
semua dan terima kasih atas perhatiannya.
Saya juga menjelaskan PT. Nutrifood Indonesia melalui video, kalian bisa menonton videonya dikanal Youtube saya, berikut linknya : https://www.youtube.com/watch?v=lIOsISwZJ-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar