Rabu, 23 Maret 2022

 

PT NUTRIFOOD INDONESIA


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Hallo teman-teman semua, Apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya. Kembali lagi dengan saya Nadia Reza Tsuroyya (4420210004) mahasiswi dari jurusan Teknik Industri Universitas Pancasila. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai salah satu PT yang bergerak di bidang industri produksi makanan dan minuman yaitu PT Nutrifood Indonesia.

SEJARAH PT NUTRIFOOD INDONESIA

PT Nutrifood Indonesia (NFI) merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan penampilan yang berkualitas internasional. Didirikan pada tanggal 2 Februari 1979 di Semarang atas prakarsa Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc, kemudian pada tanggal 2 November 1980 disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2. Pada awalnya kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berlokasi di Jalan Tanah Abang No.31 Jakarta, sedangkan pabriknya berlokasi di Semarang, hasil produksinya berupa sirup, minuman serbuk instant dan produk susu.

Pada bulan Februari 1995, kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berpindah ke Jl. Rawabali II/No.3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, sedangkan kedua pabrik yakni Pemanis Indonesia (TSI) dan Sari buah Indonesia (NSI) dipindahkan ke Jl. Raya Ciawi No.280 A, Ciawi, Bogor sejak bulan April 1980. Perpindahan lokasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan mempermudah pelayanan terhadap konsumen.

Saat ini PT Nutrifood Indonesia sebagai sebuah perusahaan swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia  adalah perusahaan yang secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama.

 

VISI DAN MISI PT NUTRIFOOD INDONESIA

Adapun VISI dan MISI dari PT Nutrifood Indonesia yaitu:

VISI : Helping our customer to achieve a longer healthy life through our reputable a leading brands.

MISI : Inspiring a nutritious life.


STRUKTUR ORGANISASI PT NUTRIFOOD INDONESIA

Di PT Nutrifood Indonesia, dibawah kedudukan CEO terdapat 5 direktorat dan 1 non-direktorat, yang diantaranya adalah Directorate of Marketing, Directorate of Sales, Directorate of Finance, IT, & Audit, Directorate of HR & System, Directorate of Plants, and Non-Directorate. Setiap direktorat membawahi sebuah/beberapa divisi, dan setiap divisi membawahi departemen. Ada 11 divisi di PT Nutrifood Indonesia, yaitu Divisi Marketing Promotion, Marketing Brand, Marketing Communication, Sales, Finance, IT, Audit, HR, System, R&D, dan Production. Berikut adalah struktur organisasi di PT Nutrifood Indonesia:

PRODUK DARI PT NUTRIFOOD INDONESIA

1.   Tropicana Slim

Tropicana Slim adalah nama merek produk dagang asli Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Produk yang disediakan sangat beragam mulai dari pemanis rendah kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak.

2.   Nutrisari

NutriSari merupakan salah satu minuman sari buah di Indonesia yang dimiliki oleh PT Nutrifood dan diluncurkan pada tahun 1979. Produk-produk NutriSari memiliki kandungan nutrisi vitamin C, serta 6 vitamin dan 2 mineral lainnya.

3.   HiLo

Hilo (atau HiLo) adalah merek susu yang diproduksi oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Nama Hilo diduga berasal dari kata "High" dari High Calcium dan "Low" dari Low Fat yang muncul pada tulisan kemasan produk pertama HiLo yang dirilis pada tahun 2004.

4.   L-Men

L-Men Merupakan salah satu dari produk nutrifood yang diformulasikan untuk membantu pria dalam membentuk otot dan tubuh yang atletis,serta membantu memberikan asupan energi dan protein yang tinggi.

5.   WRP

WRP Meal Replacement merupakan Susu pengganti makan untuk menurunkan berat badan dengan kalori terkontrol (220 kalori/serving), tinggi protein, tinggi kalsium dengan rasa yang jauh lebih enak serta alami.

6.   Lokalate

Lokalate adalah minuman serbuk kopi dgn campuran perisa buah dan rempah lokal Indonesia yg eksotis. Dibawah panji brand W'DANK yg sudah terkenal dgn minuman serbuk modern tradisional Indonesia produksi PT. Nutrifood Indonesia - Bogor.



AKTIFITAS UTAMA TERKAIT DENGAN VALUE CHAIN DARI PT NUTRIFOOD INDONESIA

PT. Nutrifood Indonesia memiliki 4 aktifitas utama terkait dengan Value Chaindi perusahaannya, aktifitas tersebut meliputi:

 1.   New Product Development

Sesuai dengan Visi dan Misi dibentuknya  PT. Nutrifood Indonesia yang salah satu poinnya adalah memperhatikan  kesehatan masyarakat Indonesia, PT Nutrifood Indonesia selalu melakukan  survei-survei yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat  akan produk-produk kesehatan.

 2.   Marketing and Sales

Aktifitas yang dilakukan adalah marketing sebagai influence people untuk mempengaruhi konsumen dalam menentukan produk yang akan dibelinya. Menurut PT Nutrifood Indonesia produk nutrisari dalam bentuk serbuk merupakan cara marketing mereka sendiri untuk memasarkan produk mereka, asumsi pihak perusahaan nutrisari dengan bentuk serbuk tetap menjadi ciri khas perusahaan tersendiri sementara produk sejenis dari competitor meluncurkan produk dalam bentuk cair yang dikemas dengan botol ataupun lainnya. Sedangkan aktifitas sales sebagai distribution adalah sebagai distributor penyalur produk ke wilayah.

3.   Operations/Logistic

Saat ini PT. Nutrifood Indonesia yang telah memiliki pelanggan yang terdiri dari 933 outlet dan distributor yang tersebar di Indonesia memiliki 2 pabrik yaitu di Ciawi, dan Bekasi serta memiliki 4 pabrik pembantu yang tersebar di Malang, Gresik, Surabaya dan Jakarta. Selain melakukan pengiriman local Indonesia, pihak perusahaan juga melakukan pengiriman produk ke beberapa negara lainnya. Pendistribusian produk di atur oleh bagian logisitik sebagai berikut:

1)      Ekspor

Ekspor ditangani oleh bagian Shipping Department, sedangkan bagian logistic hanya menangani serah terima produk.

2)      Lokal Indonesia

Pendistribusian barang untuk local langsung ditangani oleh bagian logisitik. Penggiriman ini ditujukan untuk propinsi-propinsi seperti DKI Jakarta, Bandung, Banten, Surabaya, Medan, Manado, Makassar, Balikpapan. Adapun pasar yang dituju adalah sebagai berikut:

a.    Pasar Tradisional

Hal yang dimaksud adalah saluran distribusi yang daya belinya di bawah grosir.

b.   Pasar Modern

Hal yang dimaksud adalah supermarket regional yang tidak memiliki chain stock. Pasar modernpun dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut:

·      Outlet

Merupakan saluran distribusi yang memasok berbagai macam produk dari berbagai produsen. Biasanya memiliki tempat penyimpanan produk yang tidak terlalu besar dan memiliki jalur administrasi yang cukup kompleks.

·      Distributor

Saluran distribusi yang hanya memasok produk-produk PT. Nutrifood Indonesia, biasanya memiliki tempat penyimpanan yang luas dan memiliki jalur distribusi yang lebih sederhana.

4.   Service
Nutrifood memiliki 2 service yaitu After Sales Servicedan Before Sales Service. CRM (Customer Relationship Management) diketahui data-data pelanggan apakah sudah membeli barang dalam jangka waktu beberapa lama. CRA (Customer Relationship Analysis) menganalisa apa yang konsumen butuhkan. Dari CRA sehingga menghasilkan CSR, biasanya berupa beasiswa.



Demikian ulasan singkat dari saya mengenai PT. Nutrifood Indonesia. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Saya juga menjelaskan PT. Nutrifood Indonesia melalui video, kalian bisa menonton videonya dikanal Youtube saya, berikut linknya : https://www.youtube.com/watch?v=lIOsISwZJ-4















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#Nadia Reza Tsuroyya #4420210004, #UPAPSI5 #UniversitasPancasila #ERP #Odoo #Dr. Ir. Agung Terminanto, MBA, IPM

JAWABAN UAS SOAL NO 1   Assalammualaikum, saya Nadia Reza Tsuroyya dengan NPM 4420210004 ingin mengumpulkan UTS UPAPSI NO. 1 yang memeri...